Periklindo (Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia) akan menggelar konferensi kendaraan listrik pertama di RI yang bertempat di Bali. Perhelatan itu bakal dihadiri perwakilan merek otomotif ternama dan akademisi.

Selain menjadi wadah sosialisasi buat masyarakat jika ingin tahu lebih lanjut soal EV (Electric Vehicle), ini menjadi salah satu upaya Periklindo gaet investor mobil listrik di Indonesia.

Pihak Periklindo mengatakan bahwa ada beberapa manufaktur China hadir menjadi pembicara di acara tersebut, buka ruang diskusi soal EV dan peluang investasi di dalam negeri.

“Seres juga akan hadir termasuk Nio, Changan, ini belum masuk (ke Indonesia). Ada beberapa merek, lalu juga Hongqi,” kata Tenggono Chuandra Phoa, Sekretaris Jenderal Periklindo di DoubleTree Hilton, Jakarta Pusat, Rabu (4/9).

Ia mengungkapkan konferensi sekaligus jadi wadah setiap merek tersebut buat mengemukakan kelebihan produknya.

“Kita berikan tempat agar mereka bisa melihat Indonesia ini tempat investasi baru untuk EV. Kita sudah melihat berapa yang sukses di Indonesia,” kata Tenggono.

Lebih lanjut dia mencontohkan BYD, Wuling, Chery, Neta, Seres sampai MAB (Mobil Anak Bangsa) yang diklaim sukses dalam kiprahnya menghadirkan mobil listrik ke konsumen Tanah Air.

Ditambah minat masyarakat terhadap EV dinilai terus bertumbuh. Harapannya konferensi juga menunjukkan keseriusan Indonesia di era elektrifikasi dan masa peralihan dari kendaraan konvensional.

“Saya kira untuk 2025, EV akan semakin (banyak) terlihat di jalan. Sekarang ada banyak (mobil listrik) Hyundai,” kata Tenggono.

Acara bertajuk Periklindo Electric Vehicle Conference itu bakal digelar 12-13 September 2024. Ada beberapa topik diskusi tersedia dan dipaparkan oleh ahli terkait di bidangnya masing-masing.

Karena didesain untuk masyarakat luas, Periklindo menegaskan pembahasan diskusi cenderung tidak terlalu teknis dan mudah dicerna setiap pihak termasuk calon konsumen yang sekadar ingin tahu soal perkembangan EV di RI.

“Harapannya karena ini dari ujung ke ujung, semua area tercakup. Bisa beri pengetahuan dan pengalaman langsung kepada masyarakat umum,” ucap Adrianto Gani, Ketua Bidang Marketing & Promosi Periklindo dalam kesempatan sama.

Sumber dari:

https://otomotif.katadata.co.id/news/tujuan-periklindo-gelar-konferensi-mobil-listrik-di-bali-11567

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *