Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) 2022 dilaksanakan dari 11 hingga 16 November di Art Bali, Bali Collection, Nusa Dua Bali. Ini merupakan langkah nyata pemerintah dalam memperkenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat. Banyak produsen kendaraan listrik ikut berpartisipasi dalam ajang ini, mudali kendaraan roda dua, empat hingga truk.

Sesuai dengan salah satu isu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia yakni transisi energi berkelanjutan, pelaksanaan KTT G20 di Nusa Dua, Bali diramaikan dengan pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB). Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Hendro Sugiatno serta pejabat tinggi Pratama dan Madya Kementerian Perhubungan Republik Indonesia hadir ke area pameran.

Program edukasi dan sosialisasi kendaraan listrik kepada masyarakat yang hadir mengusung tema “Kendaraan Listrik Transportasi Masa Depan”. Diskusi ini menghadirkan narasumber yang memberikan informasi menarik setiap harinya.

“Kami terus mendorong komponen-komponen kendaraan listrik untuk dapat diproduksi dalam negeri. Dengan adanya kerja sama yang baik antar pemerintah dengan instansi pendidikan diharapkan hal ini dapat terjadi dalam waktu dekat,” ujar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Republik Indonesia, Nizam.

Dari sisi pemerintah daerah, Kepala Dinas Perhubungan Bali, I Gede Wayan Samsi Gunarta menjelaskan beragam program pemerintah pusat telah diimplementasi oleh pemerintah daerah untuk mendukung percepatan penggunaan kendaraan listrik. Dilakukan agar dapat tercipta lingkungan yang lebih bersih.

Menurut Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno, dalam segi keselamatan penggunaan kendaraan listrik, untuk saat ini masih dalam tahap sosialisasi. “Namun hal ini diharapkan terus dilaksanakan agar masyarakat dapat semakin yakin. Harus diikuti pula dengan riset yang dilakukan antara pemerintah dan instansi pendidikan terkait untuk menciptakan hasil yang maksimal,” katanya.

Semakin semarak, hadirnya program talkshow dari Periklindo, dan produsen brand Optima, Gesits, serta Zero Motorcycles. Selain itu, ada pula peluncuran Bus Listrik Merah Putih (BLiMP). Hasil kolaborasi antara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Official participants G20 yang membuka booth di acara pameran KBLBB yaitu Alva, Hyundai, Toyota, dan Wuling sebagai Official Partners G20. Ada pula Astra Honda Motor, Bluebird, Braja, DFSK, Elders, Energica, Fuso, Grab, Honda, Isuzu, Lexus, Mobil Anak Bangsa (MAB), Mitsubishi, Nissan, NIU, Optima Integra Tehnika, Percik, Periklindo, PLN, SAG, Selis, Sinarmas, United Bike, Uwinfly, Viar, Volta, serta Zero Motorcycle hadir sebagai participant dalam penyelenggaraan pameran KBLBB 2022.

Pameran KBLBB dilaksanakan selama 11 – 16 November 2022 di Art Bali, Bali Collection, Nusa Dua Bali dan diikuti 28 exhibitor. Terdiri dari sepeda motor listrik, mobil listrik, bus listrik, truk listrik, kendaraan konversi serta komponen pendukung kendaraan listrik berbasis baterai. Selain pelaksanaan exhibition setiap harinya, turut diadakan Talkshow, Test Ride dan Test Drive (roda 2 dan roda 4), Student Showcase, Community Showcase dan Entertainment.

Acara ini juga dihadiri oleh pelaku industri kendaraan listrik, instansi yang terkait dan secara terbuka dapat dihadiri oleh delegasi dari negara peserta KTT G20. Pameran ini dibuka pukul 10.00 – 21.00 WITA setiap harinya dan terbuka untuk pengunjung umum secara gratis.

Terkait akses menuju pameran, pengunjung dapat menggunakan fasilitas EV – Shuttle yang tersedia di berbagai titik, tanpa dipungut biaya. Protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah diterapkan selama pameran berlangsung.

Sumber:

https://www.oto.com/berita-mobil/pameran-kblbb-2022-di-bali-jadi-ajang-kolaborasi-produsen-kendaraan-listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *