Pemerintah akan memberi subsidi kendaraan listrik. Namun, hingga saat ini, kebijakan pemberian subsidi dan insentif kendaraan listrik masih dalam pembahasan.

Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Moeldoko menjelaskan pemerintah sudah menyiapkan sejumlah opsi pemberian subsidi kendaraan listrik.

Selain itu, pemerintah sudah melihat besaran subsidi kendaraan listrik di sejumlah negara tetangga, seperti Thailand dan Vietnam.

Moeldoko menyatakan mekanisme pemberian subsidi kendaraan listrik akan melalui berbagai prosedur, termasuk tujuan dan sasaran serta waktu pemberian subsidi kendaraan listrik itu.

“Apakah subsidi akan diberikan saat keluar Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor [BPKB] atau pada saat transaksinya keluar. Selain itu, kami akan berikan subsidi, kepada yang mau konversi atau yang mau beli motor baru. Besaran subsidi dan mekanisme, kami dalami,” ujar Moeldoko yang juga Kepala Staf Kepresidenan dalam acara Electric Vehicle Funday di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (20/11/2022).

Sementara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyerahkan pembahasan terkait subsidi kendaraan listrik kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenkomarves) sebagai kementerian yang lebih berwenang.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Suharto mengatakan subsidi bagi kendaraan listrik tersebut berkaitan dengan beberapa komponen yang masih diimpor, terutama terkait dengan biaya pajak impor.

“Terkait masalah insentif dan subsidi kendaraan listrik bergantung kepada pihak kementerian/lembaga, terutama kementerian keuangan dan lainnya,” kata Suharto.

Sementara itu, yang menjadi ranah dari Kemenhub adalah bagaimana kendaraan listrik memenuhi persyaratan laik jalan. Kemudian, juga terkait dengan bagaimana Kemenhub mempercepat pengadaan angkutan umum yang nantinya menggunakan bahan bakar listrik.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan subsidi kendaraan listrik terutama saat pembelian kendaraan.

Kemungkinan anggarannya akan dialihkan dari subsidi BBM.

“Kita bersama-sama sedang berdiskusi dengan Kemenkeu diupayakan ada subsidi. Pada saat konversi itu ada subsidi kendaraan listrik terutama kali pertama tentu untuk kendaraan motor, baik yang punya K/L maupun masyarakat,” papar dia.

Sumber:

https://www.solopos.com/pemerintah-akan-beri-subsidi-kendaraan-listrik-begini-kata-ketua-periklindo-1477956

Kepala Staf Kepresidenan yang juga Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Moeldoko mencoba motor listrik saat berlangsung Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (26/7/2022). Pemerintah terus melakukan percepatan pengembangan kendaraan listrik untuk mewujudkan transisi energi bersih dan mengurangi anggaran subsidi bahan bakar minyak (BBM). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *