Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) kembali siap menggelar acara Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 pada 17-21 Mei 2023 mendatang. Moeldoko, Ketua Umum Periklindo sekaligus Kepala Staf Kepresidenan menjelaskan, PEVS 2023 adalah salah satu cara mendorong utilisasi EV di Indonesia.

Selain menggelar pameran, Moeldoko berharap PEVS 2023 dapat mempertemukan pelaku bisnis EV dengan pemerintah untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan kendaraan listrik dalam berbagai kegiatan operasionalnya seperti yang diinstruksikan oleh Presiden, Joko Widodo dalam Inpres no.7 tahun
2022.

Inpres tersebut menyinggung tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. “Di sini lah Periklindo hadir untuk menjembatani kebutuhan pemerintah, masyarakat, hingga pelaku bisnis dalam memenuhi kebutuhan kendaraan listrik,” ujar Moeldoko di Jakarta.

Turut hadir pada kesempatan yang sama Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung. Menurutnya, PEVS 2023 merupakan bentuk nyata mendukung Peraturan Presiden (Perpres) nomor 55 tahun 2019 mengenai percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan.

“Tahun ini merupakan penyelenggaraan PEVS yang kedua, setelah berhasil menyelenggarakan PEVS pada tahun lalu. Ada beberapa hal yang perlu dicatat kenapa kami antusias sekali, karena penjualan kendaraan listrik itu sangat baik pada saat perhelatan IIMS 2023,” terang Daswar.

Selaku perusahaan penyedia energi listrik satu-satunya di Indonesia, Perusahaan Listrik Negara (PLN) turut memberikan dukungan bagi perkembangan ekosistem elektrik di Indonesia melalui perhelatan PEVS 2023.

Melalui kesempatan tersebut, Ririn Rachmawardini, Executive Vice President
Pengembangan Produk Niaga PT PLN (Persero) menyebut, pihaknya sudah menyiapkan diri menyambut era elektrifikasi di Indonesia, salah satunya menyiapkan SPKLU untuk kebutuhan charging kendaraan di jalan umum.

“Kami berharap kita sama-sama bekerja untuk menciptakan ekosistem elektrik agar kendaraan elektrik semakin diterima oleh masyarakat Indonesia. Kami di BUMN akan berkolaborasi dan bekerja sama salah satunya dengan dealer atau himpunan bank negara (himbara) agar kami dapat menyiapkan home charging bagi para pembeli kendaraan listrik,” ungkap Ririn.

Dyandra Promosindo selaku penyelenggara optimis PEVS 2023 menargetkan lebih dari 30.000 pengunjung selama 5 hari penyelenggaraan dengan target kepesertaan lebih dari 80 brand dan target transaksi lebih dari Rp 285 Miliar.

Deretan program menarik yang akan meramaikan PEVS 2023 yaitu: EV Riding, EV Sunmori, Electric Board & Scooter Ride, Formula Student Show Off, PEVS Push Bike Race, Seminar & Talkshow, EV Test Drive, EV Test Ride.

Seperti diketahui bersama, Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) saat ini menjadi hal yang terus didorong pemerintah Indonesia untuk mencapai energi bersih di masa transisi energi. Setelah meluncurkan subsidi untuk pembelian motor listrik dan konversi motor listrik, pemerintah melalui Kementerian Keuangan akhirnya meluncurkan subsidi untuk mobil listrik dan bus listrik per tanggal 1 April 2023.

Sumber dari:

https://www.jawapos.com/oto-dan-tekno/01475563/dorong-penetrasi-ev-di-indonesia-periklindo-siapkan-pameran-mei-2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *