Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) memastikan akan kembali menggelar pameran mobil listrik PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 pada tanggal 17-21 Mei 2023 mendatang.

Kembali digelarnya PEVS ini diyakini merupakan bukti konsistensi PERIKLINDO sebagai asosiasi yang memiliki visi memasyarakatkan keberadaan kendaraan listrik di Indonesia, sekaligus mendukung berbagai program pemerintah yang tertuang dalam PERPRES No.5 tahun 2019.

Misi besar yang ingin dicapai dalam perhelatan PEVS 2023 adalah Program Business to Government (B2G), di mana PERIKLINDO bersama Dyandra Promosindo selaku promotor acara, akan mempertemukan pelaku bisnis kendaraan listrik dengan pemerintah untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan kendaraan listrik dalam berbagai kegiatan operasionalnya.

Seperti yang diinstruksikan oleh Presiden RI, Joko Widodo dalam INPRES no.7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Ketua Umum PERIKLINDO, Moeldoko menjelaskan bahwa melalui kesempatan ini dirinya ingin menggaungkan bahwa banyak peraturan pemerintah yang telah dikeluarkan untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Mulai dari PERPRES, INPRES dan yang terakhir ada Permenkeu.

Hal ini diyakini pria yang juga merupakan Kepala Staf Kepresidenan RI itu, menunjukkan bahwa pemerintah memiliki semangat yang sangat kuat untuk memajukan industri kendaraan listrik di Indonesia.

Dukungan pemerintah untuk memajukan kendaraan listrik ini juga sebagai bentuk pemenuhan tanggung jawab pemerintah kepada rakyat Indonesia agar negara dan bangsa Indonesia semakin sehat dengan udara yang bersih sehingga dapat meningkatkan usia harapan hidup yang lebih panjang lagi.

“Kami berharap agar insentif kendaraan listrik dari Pemerintah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” ungkap Moeldoko.

Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung juga menekankan bahwa PEVS 2023 merupakan bentuk nyata upaya mereka dalam mendukung Peraturan Presiden (PERPRES) nomor 55 tahun 2019 mengenai percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan.

Sebagai penyelenggaraan PEVS kedua, Daswar juga mengaku sangat antusias menyambut pameran mendatang. Hal itu salah satunya karena melihat penjualan kendaraan listrik yang sangat baik pada pameran otomotif di awal tahun lalu, seperti IIMS 2023.

“Atas dasar itulah kami berharap penjualan mobil listrik kali ini melalui event PEVS akan sangat berhasil. Terlebih perhelatan PEVS ini disediakan khusus untuk kendaraan listrik, sehingga kami sangat optimis bahwa penerimaan kendaraan listrik akan sangat baik,” ungkap Daswar.

Dyandra Promosindo optimis PEVS 2023 bisa mencapai target lebih dari 30.000 pengunjung selama 5 hari penyelenggaraan, dan dengan target kepesertaan lebih dari 80 brand, serta target transaksi lebih dari 285 Miliar Rupiah.

Untuk mencapai target di atas, PEVS konsisten merancang program yang menonjolkan sisi edukasi dan Business to Government (B2G). Program B2G yang diinisiasi PEVS 2023 kali ini terbagi ke dalam dua kegiatan yaitu, PEVS Networking: Business  Matching & Matchmaking dan Seminar dengan narasumber dari jajaran Pemerintah K/L hingga Asosiasi yang relevan.

PEVS Networking: Business Matching & Matchmaking dirancang khusus untuk membantu memberikan pilihan terbaik bagi institusi pemerintah dan K/L terhadap kebutuhan kendaraan listrik sesuai kebutuhan. Sementara PEVS Seminar akan berisi rangkaian kegiatan edukatif dan menjadi wadah sosialisasi kepada masyarakat mengenai industri kendaraan listrik.

“Fokus PERIKLINDO bersama Dyandra pada sisi bisnis tentu mengutamakan efisiensi waktu, oleh karena itu kami mengerahkan strategi untuk menyelenggarakan PEVS lebih singkat menjadi hanya 5 hari. Kami optimis perhelatan PEVS 2023 akan semakin dapat meningkatkan kepuasan pengunjung dan seluruh pihak karena ragam rangkaian acara yang padat dan menarik setiap harinya,” jelas Rudi MF, Project Manager PEVS 2023.

Selain kemeriahan yang akan ditunjukkan oleh para brand peserta pameran, berbagai narasumber yang akan mengedukasi masyarakat melalui panggung Seminar & Talkshow, PEVS 2023 akan menawarkan deretan program hiburan yang khusus hanya dapat ditemukan di perhelatan PEVS 2023 saja.

Deretan program menarik yang akan meramaikan PEVS 2023, mulai dari EV Riding, EV Sunmori, Electric Board & Scooter Ride, Formula Student Show Off, PEVS Push Bike Race, Seminar & Talkshow, EV Test Drive, hingga EV Test Ride.

Sumber dari:

https://validnews.id/kultura/periklindo-electric-vehicle-show-2023-digelar-mei-mendatang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *