Pada 20 Maret 2023, Pemerintah telah mengumumkan pemberian subsidi untuk pembelian kendaraan listrik. Ada beberapa merek mobil dan motor listrik yang akan mendapat insentif.

Meskipun insentif ini telah berlaku, Ketua Umum Periklindo Moeldoko mengatakan jika mekanisme peraturan tersebut masih belum jelas.

Ia sendiri masih belum bisa memastikan apakah insentif dari pemerintah dapat digunakan pada pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS 2023) yang berlangsung 17-21 Mei 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

“Sekarang itu masih belum final bagaimana mekanismenya, tapi secepatnya akan direalisasikan agar tidak mengganggu flow dari penjualan,” terang Moeldoko di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (5/5/2023).

Kemudian, Moeldoko juga memaparkan bahwa penggunaan subsidi kendaraan listrik ini masih belum berjalan dengan lancar, baik itu untuk mobil ataupun motor.

“Sepertinya belum berjalan lancar, saya belum cek seperti apa di lapangan, tapi yang jelas mekanismenya ini masih ditata,” lanjutnya.

Terkait ketidakpastian ini, Moeldoko berharap insentif Electric Vehicle (EV) akan diberikan langsung kepada konsumen. Ia menjelaskan kalau sistem tersebut akan membantu memudahkan para penjual.

“Kami dari Periklindo berharap bahwa pemberian insentif itu langsung kepada pembeli sehingga nanti penjual tinggal menerima,” ujarnya.

Sebaliknya, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan RI itu mengatakan, sistem pemberian subsidi ini kemungkinan dapat menyusahkan para penjual jika menggunakan metode lain.

“Kalau menggunakan metode lain mungkin akan menyulitkan penjual sehingga nanti jadi persoalan di lapangan,” pungkasnya.

Sumber dari:

https://www.liputan6.com/otomotif/read/5278372/beli-kendaraan-listrik-di-pevs-2023-tak-dijamin-dapat-subsidi-moeldoko-mekanismenya-belum-jelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *