Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) siap meramaikan kendaraan listrik lewat ajang Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Kesempatan bagus buat bikers terutama yang ingin membeli motor baru ramah lingkungan Beberapa merek motor baru bertenaga listrik itu siap meramaikan di tanggal 17-21 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pameran kendaraan listrik yang kedua ini diharapkan lebih baik dari PEVS tahun sebelumnya. Seperti yang disampaikan Ketua Umum Periklindo sekaligus Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko.

“Kita ingin menunjukkan PEVS kali ini, atau yang kedua ini akan lebih baik dari sebelumnya karena kita selalu mengevaluasi. Pastinya akan semakin baik,” ucap Moeldoko.

Sebelumnya 20 Maret 2023 kemarin, Pemerintah telah mengumumkan pemberian subsidi untuk pembelian kendaraan listrik. Ada beberapa merek mobil dan motor listrik yang akan mendapat insentif.

Ketua Umum Periklindo Moeldoko mengatakan jika mekanisme peraturan tersebut masih belum jelas meskipun insentif ini telah berlaku. Pihaknya masih belum bisa memastikan apakah insentif dari pemerintah dapat digunakan pada pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS 2023) yang berlangsung 17-21 Mei 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

“Sekarang itu masih belum final bagaimana mekanismenya, tapi secepatnya akan direalisasikan agar tidak mengganggu flow dari penjualan,” terang Moeldoko kepada wartawan.

Moeldoko juga memaparkan bahwa penggunaan subsidi kendaraan listrik ini masih belum berjalan dengan lancar, baik itu untuk mobil ataupun motor.”Sepertinya belum berjalan lancar, saya belum cek seperti apa di lapangan, tapi yang jelas mekanismenya ini masih ditata,” lanjutnya.

Terkait ketidakpastian ini, Moeldoko berharap insentif Electric Vehicle (EV) akan diberikan langsung kepada konsumen. Ia menjelaskan kalau sistem tersebut akan membantu memudahkan para penjual. “Kami dari Periklindo berharap bahwa pemberian insentif itu langsung kepada pembeli sehingga nanti penjual tinggal menerima,” ujarnya.

Kepala Staf Kepresidenan RI itu menambahkan, sistem pemberian subsidi ini kemungkinan dapat menyusahkan para penjual jika menggunakan metode lain. “Kalau menggunakan metode lain mungkin akan menyulitkan penjual sehingga nanti jadi persoalan di lapangan,” pungkasnya.

Mulai dari anggotanya, seperti BENE eBike, Benelli, Biribatt, DFSK, MAB, Wuling, Motoriz, Fast, Keeway, dan ABC. Kemudian, yang di luar keanggotaan Periklindo, seperti Rakata, Davigo, Volta, Selis, Prestige, Kymco, MG Motors, BMW, hingga Saige.

Masih ada beberapa industri yang bakal meriahkan pameran yang berlangsung selama 5 hari ini. Spesial di pameran kolaborasi antara Dyandra Promosindo dan Periklindo ini, ada pertunjukan spesial di PEVS 2023.

Yaitu EV Fire Extingush By Fast, atau program kolaborasi dengan FAST yang akan menampilkan pertunjukan kegiatan membakar rangka motor listrik beserta baterainya. Pertunjukan ini bertujuan untuk melakukan uji coba apar yang diproduksi oleh FAST.Program ini akan dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2023 pukul 16.00-17.00 WIB.

Sumber dari:

https://poskota.co.id/2023/05/06/pevs-2023-siap-digelar-17-21-mei-periklindo-tanggapi-pemerintah-subsidi-beli-kendaraan-listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *