Kepala Staf Kepresidenan Indonesia sekaligus Ketua Umum Periklindo Moeldoko mengatakan, kepala negara-negara ASEAN terdiri dari Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand sepakat untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik.
“Hasil KTT ASEAN di Labuan Bajo saya sampaikan, kemarin salah satunya adalah mereka sepakat menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan kendaraan listrik global di kawasan ini. Kedudukan dari Indonesia sangat potensial,” ujar Moeldoko saat pembukaan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 di Kemayoran, Jakarta (17/5).
Moeldoko yakin Indonesia memiliki kemampuan sebagai pengungkit dalam industri elektrifikasi khususnya kendaraan listrik. Ia meminta berbagai pihak untuk bekerja sama dalam mewujudkan misi tersebut.
“Jadi saya meminta rekan semua dari investor, pengusaha, pemegang regulasi, dan semua pihak untuk tidak ragu-ragu karena kendaraan listrik adalah kendaraan masa depan untuk lingkungan dan dunia lebih bersih,” imbuhnya.
Dirinya juga menyoroti, apabila transisi kendaraan listrik dapat secepatnya dilakukan, maka akan banyak manfaat yang didapatkan khususnya pengalihan alokasi subsidi bahan bakar minyak.
“Saya pastikan bila masyarakat berpindah ke kendaraan listrik, APBN yang sangat besar untuk subsidi BBM akan dialihkan ke sesuatu yang lebih bermanfaat seperti sektor kesehatan,” jelas Moeldoko.
Moeldoko menambahkan soal insentif dan subsidi pembelian mobil dan motor listrik masih belum optimal. “Subsidi dan insentif masih berjalan lambat, kami masih evaluasi ke arah yang lebih baik,” tukasnya.
PEVS 2023 resmi kembali digelar mulai 17-21 Mei 2023 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta. Ini merupakan tahun kedua helatan yang khusus menghadirkan kendaraan listrik tersebut.
“PEVS kedua akan lebih baik dibandingkan dengan helatan sebelumnya. Transaksi akan lebih besar, Periklindo akan sosialisasi agar kendaraan listrik diterima dan dimengerti oleh masyarakat,” tambah Moeldoko.
Ada puluhan brand otomotif dan industri pendukung roda empat m dan roda dua, mulai dari BMW, Hyundai, DFSK, Hyundai, KEVCBU, Mobil Anak Bangsa (MAB), Morris Garages (MG), Prestige, dan Wuling.
Sedangkan untuk motor listrik akan ada Benelli-Keeway, Davigo, Gesits, Gotion High-Tech, Greentech, Kymco, Rakata, Saige, Selis, Smartby, dan Volta. Daftar lainnya ada ABC Lithium, Advance, Birubatt, Exicom, Fast, Gramedia, Honda Power Product Indonesia, Motoriz, Musashi, Powerindo, Tanva, Tianneng, Venom, Voltron, Von Dutch, Wallbox, serta Wanhoo.
Kemudian ada juga Formula Student Show Off, PEVS Push Bike Race, Seminar & Talkshow, EV Test Drive, EV Test Ride, Miss PEVS dan terakhir Closing Ceremony PEVS 2023.
Pameran terbuka untuk masyarakat umum dengan tiket seharga Rp 50.000, berlaku untuk pengunjung yang hadir pada 18 hingga 21 Mei 2022 (Kamis-Minggu). Sementara tiket Premium Day seharga Rp 100.000.
Sumber dari:
https://kumparan.com/kumparanoto/asean-bakal-jadi-pusat-pertumbuhan-kendaraan-listrik-20QE3inwMPq/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *