Pameran kendaraan listrik terbesar di Indonesia yang diinisiasi oleh Perkumpulan Kendaraan Listrik Indonesia, yaitu PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 resmi dibuka, Rabu (17/5) di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Ajang ekshibisi industri otomotif nan inovatif ini didukung oleh Dyandra Promosindo.

Acara pembuka PEVS 2023 dihadiri oleh Kepala Staf Kepresidenan sekaligus Ketua Umum PERIKLINDO Moeldoko dan Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Bidang Pelayanan Transportasi Laut dan Kemaritiman Andre Mulyana. Hadir juga Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATA) Kemenperin, Hendro Martono; Direktur Retail dan Niaga PT PLN Edi Srimulyanti; Direktur Sarana dan Transportasi Jalan Danto Restyawan; beserta sejumlah pemimpin daerah hingga anggota asosiasi kendaraan listrik dari Malaysia dan Filipina.

Dalam sambutannya, Moeldoko mengungkapkan bahwa kini perkembangan electric vehicle (EV) sudah disadari para pemimpin di kawasan Asia Tenggara.

“Pemimpin ASEAN sepakat perlunya bangun suatu sistem untuk berkembangnya electric vehicle di seluruh negara ASEAN. Dan mereka sepakat bahwa ingin menjadikan ASEAN pusat EV global,” ujar Moeldoko.

Dalam menjadikan ASEAN sebagai pusat EV global, Indonesia dinilai memiliki peran penting karena mempunyai sumber daya yang bisa mendukung keberlanjutan dan berkembangnya EV. Indonesia bisa menjadi faktor pengungkit atas berkembangnya kendaraan listrik dunia.

Namun sebelum fokus pada tataran global, pertumbuhan industri kendaraan listrik dalam negeri masih membutuhkan akselerasi. Salah satunya melalui ajang pameran kendaraan listrik yang punya dua fungsi, transaksi dan sosialisasi.

“Kita berharap ada transaksi yang lebih besar dari (PEVS) yang pertama. Selain itu PEVS juga menyosialisasikan kepada masyarakat agat persoalan terkait kendaraan listrik semakin dipahami,” tandasnya.

Lebih lanjut, Moeldoko juga mengimbau agar para pengusaha, pemegang kebijakan dan masyarakat agar jangan ragu lagi memakai kendaran listrik.

Electric vehicle adalah mobil masa depan untuk kepentingan dunia yang semakin bersih untuk keberlanjutan anak cucu kita agar hidup lebih baik,”

PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 diramaikan hingga 50 merek kendaran listrik roda dua dan empat serta industri pendukung kendaraan listrik, seperti baterai, stasiun pengisi daya listrik, dan bengkel.

Pada kategori jenama roda dua, ada Benelli-Keeway, Davigo, Gesits, Kymco, Rakata, Saige, Selis, Smartby, Smoot, dan Volta. Sementara itu, merek roda empat terdiri atas BMW, DFSK, KEVCBU, Mobil Anak Bangsa (MAB), Morris Garage (MG), Prestige, dan Wuling.

Sejumlah pemain dalam industri pendukung EV turut meramaikan PEVS 2023, antara lain ABC Lithium, Birubatt, FAST, Gramedia, Honda E-Power, Motoriz, Musashi, dan Proteksindo. Mereka menjajakan beragam produk berkualitas bersama beberapa jenama lain, yaitu Tanva New Energy, Tianneng Battery, Venom, Voltron, Von Dutch, dan Wanhu Mechanical and Electrical Products.

Buat Sobat yang tertarik mengetahui lebih dalam tentang kendaraan listrik, segera kunjungi pameran PEVS 2023 yang berlangsung pada 17–21 Mei 2023 di Hall A JIExpo Kemayoran, Jakarta. Informasi tentang tiket masuk bisa kamu lihat di sini atau laman dyandratiket.com, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *