Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, membuka pagelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) di JIEXPO Kemayoran Jakarta, Rabu (17/5). Pameran kendaraan listrik ini, yang akan berlangsung hingga 21 Mei 2023, diharapkan mampu mendorong keinginan masyarakat untuk beralih dari kendaraan BBM ke kendaraan listrik.

Saat ini, menurut Moeldoko, seluruh dunia bergerak melakukan transisi ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Semangat yang sama juga terlihat saat KTT ASEAN ke- 42 yang telah berlangsung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Semangat bersama negara ASEAN ini dinilai menjadi sinyal positif bagi Indonesia untuk menjadi motor penggerak industri kendaraan listrik di kawasan.

“Para pemimpin ASEAN sepakat dalam membangun sistem untuk berkembangnya electric vehicle(EV) di seluruh negara ASEAN. Semua sepakat untuk membangun sistem bersama agar ASEAN bisa menjadi pusat pertumbuhan EV global,” kata Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) ini.

Moeldoko juga menekankan bahwa peralihan kendaraan listrik ini merupakan langkah dalam menjaga kepentingan dunia yang semakin bersih untuk keberlanjutan masa depan bangsa dan dunia.

“Untuk itu, saya berharap teman–teman, para pengusaha, fasilitator, pemegang kebijakan jangan ragu–ragu, bahwa EV adalah kendaraan masa depan,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan PLN mendukung penuh pameran ini sebagai bukti nyata hadirnya BUMN untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. PLN terus berkomitmen untuk bersama-sama membangun sebuah ekosistem kendaraan listrik yang sangat kokoh, solid, produktif, dan berdaya saing.

“Peralihan ke kendaraan listrik ini akan membantu mengurangi penggunaan energi berbasis impor yang kotor dan mahal ke energi berbasis domestik yang bersih dan murah, sehingga diharapkan mengurangi impor BBM yang semakin meningkat dari tahun ke tahun,” ujar Darmawan.

Di PEVS 2023, PLN membuka booth bagi para pengunjung yang ingin menjajal langsung sensasi menggunakan kendaraan listrik.

Sumber dari:

https://petrominer.com/pln-tampilkan-infrastruktur-pendukung-kendaraan-listrik-di-pevs-2023/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *