Konversi kendaraan-kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik kini sudah bisa dilakukan. Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) mengajak para pemilik mobil, termasuk yang klasik, untuk melakukan konversi.

Ketua Umum Periklindo, Moeldoko, mengajak masyarakat untuk mengkonversikan mobilnya menjadi kendaraan listrik. Tidak hanya mobil-mobil modern, namun juga yang sudah klasika atau tua untuk dikonversikan berteknologi battery electric vehicle (BEV).

“Sangat menarik sekali jika mobil klasik loncat (dikonversi) jadi mobil listrik. Secara estetika desain tampilannya terlihat klasik, tapi mesin dan teknologi konversi di dalamnya futuristik, jadinya klasik futuristik,” ujar Moeldoko pada di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan (KSP) juga mengakui sering melakukan kunjungan ke bengkel-bengkel konversi. Dia memantau secara langsung proses pengerjaan dan pengembangan konversi mobil listrik.

“Belum lama ini saya ke bali dan bertemu dengan salah satu pelaku usaha bengkel listrik. Dia juga sudah mulai melakukan konversi untuk mobil-mobil klasik, jadinya keren sekali,” ucap dia.

Direktur Sarana Transportasi Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Danto Restyawan, menyebutkan dia mengetahui beberapa menteri sudah melakukan konversi kendaraan listrik. Beberapa diantaranya mengkonversi Vespa klasiknya menjadi motor listrik.

“Pak Moeldoko, Pak Airlangga, dan beberapa petinggi lainnya sudah memiliki motor klasik hasil konversi. Karena memang tampilannya unik dan teknologinya bari, lebih hijau,” ucapnya di kesempatan yang sama.

Sumber dari:

https://www.medcom.id/otomotif/mobil/JKRvvq3K-mobil-tua-dikonversi-jadi-mobil-listrik-periklindo-klasik-futuristik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *