Pada Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023, tidak hanya kendaraan listrik baru saja yang dipamerkan. Tapi, beragam motor konversi juga dipamerkan. Salah satunya ada di booth Perusahaan Listrik Negara (PLN). Beragam model motor bensin yang dikonversi menjadi motor listrik dipamerkan di sini. Baca juga: Hadir di PEVS 2023, Intip Spesifikasi Renault Megane E-Tech Terlihat motor bensin yang dikonversi, mulai motor bebek, motor sport, skuter, bahkan hingga motor trail. Ada yang merupakan hasil modifikasi, tapi kebanyakan di antaranya benar-benar hanya mengganti bagian dapur pacunya saja.

Beberapa motor hasil konversi yang dipajang, seperti Benelli Patagonian Eagle 250, Honda C70, Kawasaki KLX 150, Vespa PX 150, dan motor custom bergaya chopper. “Kebetulan, ada beberapa motor yang kerjasama dengan teman-teman dari Elders Garage dan P3TEK untuk menggarapnya bersama di bengkel kita,” ujar Vebrian Anjar, perwakilan dari PLN, kepada Kompas.com, belum lama ini.

“Kita hanya mensosialisasikan bahwa motor konversi itu sudah legal, sudah ada standarnya,” kata Anjar.

Deretan motor tersebut tidak dijual, karena merupakan hasil riset yang dilakukan oleh PLN Pusat Pemeliharaan Ketenagalistrikan (Pusharlis), bersama dengan rekan-rekan bengkel. Kalau untuk bisnisnya, menurut Anjar, kembali lagi ke bengkel-bengkel yang sudah mengajukan sertifikasi untuk konversi.

Sumber dari:

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/20/142200515/pln-kembali-sosialisasikan-motor-konversi-di-pevs-2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *