Pemerintah mengajak seluruh pihak mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik melalui pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS).

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengatakan, penyelenggaraan pameran kendaraan listrik merupakan salah satu upaya edukasi bagi masyarakat Indonesia.

Salah satunya, dengan adanya kegiatan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) yang bisa memperlebar jangkauan edukasi dan menambah pemahaman masyarakat terhadap kendaraan listrik.

“Dari sisi promosi, edukasi, transaksi, kita berharap PEVS jadi penghubung dari semua stakeholder untuk kolaborasi, sekaligus membantu pemerintah dalam upaya menggerakkan dan mengembangkan industri kendaraan listrik Indonesia,” ujar Moeldoko dalam konferensi pers Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 di Jakarta, Senin (22/4).

Lebih lanjut, Moeldoko mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dalam sektornya masing-masing.

Moeldoko mengatakan,  saat ini Pemerintah telah merevisi aturan soal kendaraan listrik berbasis baterai, salah satunya dengan mengguyur insentif untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik.

Menurut dia, hadirnya kendaraan listrik dapat menjadi salah satu jawaban dari berbagai situasi geopolitik saat ini yang berimbas pada naiknya harga minyak dunia dan mengganggu distribusi aliran barang.

“Di tengah peningkatan ketegangan situasi geopolitik saat ini berpengaruh besar ke harga minyak dunia, pengembangan ekosistem kendaraan listrik ini bisa jadi salah satu solusi,” kata Moeldoko.

Moeldoko yang juga selaku Perkumpulan Industri Kendaraan ListrikIndonesia (Periklindo) mengatakan, dengan berbagai insentif dari pemerintah mengenai kendaraan listrik saat ini, masih belum berjalan maksimal.

“Pemerintah sudah bekerja keras menyiapkan berbagai aturan kebijakan yg ditata dengan baik, tapi belum maksimal. Ini semuanya bisa maksimal jika warga negara yang baik bisa ambil peran sesuai sektornya,” sambungnya.

Lebih lanjut, Moeldoko menyebutkan salah satu bentuknya adalah dengan membangkitkan perhatian masyarakat terhadap kendaraan listrik melalui gelaran PEVS 2024 ini. Ajang ini akan menampilkan berbagai kendaraan listrik roda empat maupun roda dua yang inovatif dari berbagai merk dagang.

“Dengan adanya gelaran seperti ini masyarakat bisa paham bahwa pertumbuhannya (kendaraan listrik) luar biasa,” katanya.

Oleh karena itu, Moeldoko berharap masyarakat yakin bahwa memilih kendaraan listrik merupakan pilihan yang tepat.

“Harapannya masyarakat tidak ragu dan sungguh sungguh mau bermigrasi ke kendaraan listrik,” pungkasnya.

Sumber dari:

https://rm.id/baca-berita/nasional/218001/moeldoko-ajak-masyarakat-migrasi-gunakan-kendaraan-listrik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *