Perkumpulan Industri Kendaraan listrik Indonesia (Periklindo) mengumumkan kerja sama dengan Dewan Tiongkok untuk Promosi Perdagangan Internasional Sub-dewan Wuxi (CCPIT Wuxi) pada Rabu (1-5-2024) di PEVS 2024. Diketahui isi dari kerja sama ini adalah memperkuat industri kendaraan listrik di Indonesia.

Mekanisme bilateral ini akan memfasilitasi hubungan kerja sama yang saling menguntungkan, serta kolaborasi dalam memetakan rantai pasok dan ekosistem kendaraan listrik. Ada beberapa tujuan dalam kemitraan ini:

  1. meningkatkan kunjungan dan pertukaran pengalaman bilateral yang berharga dalam memajukan industri kendaraan listrik, di antara kedua pihak,
  2. memperkuat komunikasi dan pertukaran informasi tentang perdagangan, investasi dan teknologi di industri kendaraan listrik. Dan layanan terkait seperti konvensi dan pameran,
  3. mempromosikan kerja sama bisnis dalam berbagai kegiatan seperti lokakarya, pameran, forum, agar dapat menghasilkan sinergi dan peluang bagi kedua pihak.
  4. Saling mendukung kegiatan promosi ekonomi, perdagangan, dan budaya di masing-masing negara.

“MoU ini merupakan langkah penting untuk memperkuat hubungan antara CCPIT Wuxi dan Periklindo. Kami yakin kerja sama ini akan membawa manfaat yang signifikan bagi kedua pihak dan membantu mendorong pengembangan industri kendaraan listrik di Indonesia dan Tiongkok,” ujar Direktur Hubungan Internasional CCPIT Wuxi, Zhou Long.

Sementara bagi Periklindo, kemitraan ini bisa meningkatkan industri kendaraan listrik di Tanah Air.
“Kami sangat senang dapat bermitra dengan CCPIT Wuxi untuk meningkatkan industri kendaraan listrik di Indonesia. Kami percaya bahwa MoU ini akan membuka peluang baru untuk kerja sama dan membantu Indonesia mencapai tujuannya menjadi pemimpin global dalam produksi kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan terjangkau,” tambah Tenggono,” ujar Sekretaris Jenderal Periklindo, Tenggono Chuandra Phoa.

Diketahui CCPIT Wuxi adalah sub-dewan domestik dari Dewan Tiongkok untuk Promosi Perdagangan Internasional (CCPIT), badan promosi perdagangan terkemuka di Tiongkok. CCPIT Wuxi berkomitmen untuk mempromosikan perdagangan internasional, investasi bilateral, dan pengembangan industri di wilayah Wuxi.

Sementara Periklindo adalah asosiasi industri kendaraan listrik Indonesia yang didirikan pada 2021. Didirikannya Periklindo bertujuan untuk mempromosikan pengembangan industri kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan berkelanjutan di Indonesia.
Sumber dari:

https://www.medcom.id/otomotif/mobil/aNr7d8Pb-periklindo-buka-akses-industri-kendaraan-listrik-di-china

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *